Rabu, 23 Maret 2016

Satu Hari Penuh Dengan Kepedulian lingkungan

Seberapa sering kita mendengar bahkan membaca kata kata: Jangan buang sampah sembarangan atau buang sampah pada tempatnya? bahkan sejak kita masih usia Balita kata kata itu sudah bergaung di telinga kita, dan tentu saja si Balita melakukan apa yang diperintahkan.  Demikian juga kita sering mendengar kata kata : Sampah mengakibatkan banjir, Sampah bertumpuk bau,sumber penyakit bla bla bla semua yang buruk tentang sampah.

Transformasi seseorang dari Bayi, Balita, Usia wajib sekolah, menjadi Sarjana, menjadi orang berpendidikan, menjadi orang kaya sukses... tidak lantas menjadikan orang tersebut tetap bisa melakukan apa yang pernah dilakukannya pada saat Balita tadi ( tentu saja hubungannya dengan buang sampah dll bukan soal ngedot atau ngompol )

Menjadi pertanyaan besar saya.. Kenapa Sih?? Apa susahnya berdisiplin diri dengan sadar dan peduli akan lingkungan?  Hmmm Gemees..! dengan kelakuan manusia yang buang sampah sembarangan!!

Ada yang berbeda di suatu hari tgl 20/3/2016 di kompleks perumahan yang saya huni,di Mutiara Depok Estates Depok.. Hari itu memperingati hari jadi 1 tahun Bank Sampah Mutiara Berkah RW 13 Mutiara Depok ( oooh kebetulan saya sebagai anggota juga, walau masuk tidak sejak awal tapi boleh dibilang jago memilah sampah.. ehm plok plok plok ) dan acaranya CFD alias Car Free Day,digagas oleh ibu ibu Bank |Sampah yang cantik dan sholehah, pengorbanan waktu dan tenaga yang diberikan ibu ibu tidak sia sia. Persiapan dilakukan nyaris hanya 1 bulan, sejak 2 hari sebelum hari H, kesibukan mulai terlihat. Salute!!

Pagi hari pada hari H saya tiba di lokasi, disambut Gapura yang dibuat oleh komunitas Ciliwung, Bagus!! semua berisi pesan pesan membangun untuk peduli akan lingkungan, selanjutnya tenda tenda komunitas lingkungan yang lain, tenda tenda bazar makanan yang melibatkan warga, remaja remaja yang sibuk mambantu panitia, bahkan anak anak ikut dalalm kegiatan. Luar Biasa!! Isi acara tentu saja semua berisikan pesan untuk peduli lingkungan untuk memilah sampah.  Pertanyaan saya "Kenapa Sih?" yang tadi mulai memudar, melunak..oooh baiklah!!

1 tahun sudah warga Mutiara Depok Estates diwajibkan untuk memilah sampah sesuai kategori Organik, Residu, Non Organik ( daur ulang), sesuai Program Kota Depok dengan Perda no. 14/2015.  Bank Sampah bererperan menerima sampah sampah dari warga yang sudah dipilah (seharusnya, tapi banyak yang masih belum benar memilah) dan disetorkan warga setiap setiap 2 minggu sekali.
Disitulah ibu ibu mencatat, menimbang dan memilah. Seperti pemulung? iya benar,! mirip, persis! gak apa2, kami rela kok! hmm siapa mengira ya? luar biasa kan? apa sih yang kalian dapat kan ibu ibu??
Kalo saya ditanya, jawabannya klise, mau menyelamatkan bumi untuk masa depan anak anak kita kelak, atau ingin berbuat sesuatu untuk menyelamatkan lingkungan, sesuatu yang kecil sih tapi efeknya besar.
capeknya betul capek, lumayan juga, tapi itu semua terbayar dengan hanya membayangkan plastik plastik dan barang barang tersebut yang selamat dari tangan tangan eksekutor pembuang sampah sembarangan, hingga tidak sampai ke got got yang bikin mampet atau sungai sungai bau, kotor yang bikin banjir.

Hari itu tgl 20/3/2016 membuktikan hasil jerih payah ibu ibu Bank Sampah didukung RW dan warga, bahwa peduli lingkungan tidak hanya sesumbar Jangan Buang Sampah Sembarangan! tapi prakteknya NOL! tidak hanya berhenti di usia balita, dimana saat usia itu kita bisa diatur atur, ternyata bisa dengan membuat terobosan, pendekatan warga, jalan pagi sambil cek tong sampah (astagaa) getok tular tetangga,memberi edukasi dan contoh kepada anak anak untuk peduli lingkungan dengan memilah sampah, yang saya yakin akan diingat oleh generasi generasi penerus di Mutiara Depok bahkan di Kota Depok. Semoga! doa terus dan usaha ya ibu ibu, Semangaat!!

Hari itu tgl 20/3/2016 siang siang panas sambil menunggu warga menukar kupon untuk mendapatkan pupuk kompos gratis, sebagai ganti warga sudah memilah dan menyetor sampah organiknya, saya tersenyum, senang dan bangga jadi bagian dari Bank Sampah Mutiara Berkah Mutiara Depok Estates, lantas berpikir bisakah kompleks perumahan lainnya seperti ini? dan lantas berkhayal juga punya kota yang bebas sampah, bebas banjir, bersih, disiplin.. Oooh semoga khayalan jadi kenyataan, bahkan bisa menular ke kota kota besar laiinya.. Jakarta, Bogor, Bekasi,  Bandung. Yuuk !! Pasti Bisa!! Kapan?? Segera yaaa!! Urgent!!

Dengan kasih dan tulus, tulisan ini saya persembahkan untuk ibu ibu cantik Sholehah di Bank Sampah Mutiara Berkah, MDE Depok. Dengan direkturnya ibu Desi Lukman, ibu RW ibu Endah Winarti, para petugas kebersihan.. Terima Kasih sudah menjadi bagian dari kegiatan ibu ibu sekalian. Much Love

12 komentar:

  1. Keren mba Ester...temanya menarik dan ispiratif 👍👍

    BalasHapus
  2. Bagussssss....kerenn.....
    Semoga bisa menginspirasi yang membaca...
    Makasih...tulisannya membuat smkn yakin apa yg kita Lakukan selama ini bisa bermanfaat buat lingkungan dan masyatakat kita
    nuhun teteh....

    BalasHapus
  3. Bagussssss....kerenn.....
    Semoga bisa menginspirasi yang membaca...
    Makasih...tulisannya membuat smkn yakin apa yg kita Lakukan selama ini bisa bermanfaat buat lingkungan dan masyatakat kita
    nuhun teteh....

    BalasHapus
  4. Terima kasih mb Alsya Fina.. terima kasih Desi, bu Direktur

    BalasHapus
  5. Kisah nyata...menginspirasi dan menyemangati kita semua utk terus peduli lingkungan, jgn mjd perusak bumi yg telah memberi byk dlm kehidupan kita. Nuhun bu esther

    BalasHapus
  6. Kisah nyata...menginspirasi dan menyemangati kita semua utk terus peduli lingkungan, jgn mjd perusak bumi yg telah memberi byk dlm kehidupan kita. Nuhun bu esther

    BalasHapus
  7. Sampai terharu bacanya. Top deh bu Ester. Terasa lho selama bu Ester ng ada. Sehat terus ya, supaya selalu menginspirasi & menyemangati kami .

    BalasHapus
  8. Sampai terharu bacanya. Top deh bu Ester. Terasa lho selama bu Ester ng ada. Sehat terus ya, supaya selalu menginspirasi & menyemangati kami .

    BalasHapus
  9. Bu Mira dan bu Muly... amiin utk doa2nya.. you are the inspiration, love you both..

    BalasHapus
  10. Bu Mira dan bu Muly... amiin utk doa2nya.. you are the inspiration, love you both..

    BalasHapus
  11. Mantef suranteepppp, tambah foto aktifitasnya biar tambah idup......and pasangin link sy dunk....ngarep...www.organtunggal.com

    BalasHapus
  12. Mantef suranteepppp, tambah foto aktifitasnya biar tambah idup......and pasangin link sy dunk....ngarep...www.organtunggal.com

    BalasHapus